8 Cara menambah berat badan pada bayi 1 sampai 12 bulan

Berat tubuh bayi dikenal sebagai suatu hal yang harus selalu naik, sehingga langkah-langkah menambah berat badan bayi adalah pengetahuan yang krusial untuk dimiliki Ibu dan keluarga. Tak bingung banyak Ibu yang selalu fokus untuk menaikkan berat tubuh bayi, mengingat bayi yang bugar adalah bayi yang berat badannya terus bertambah, Namun, sebagai orangtua, terkadang kita heran makanan penambah berat badan bayi yang mana yang sebaiknya kita pilih. Dan terkadang heran juga bagaimana cara menambah berat tubuh bayi yang baik. Selain mengetahui cara menambah berat badan bayi, orangtua pun sebaiknya mengetahui berat tubuh bayi ideal. 


Secara normalnya perkembangan berat badan bayi sesuai dengan usianya adalah sebagai berikut :


  • Bayi berusia 0-3 bulan dengan tinggi badan 40,4-60 cm harus memiliki berat badan 2,7-5,7 kg.
  • Bayi berusia 4-6 bulan dengan tinggi badan 62,5-66,0 cm harus memiliki berat badan 5,0-7,4 kg.
  • Bayi berusia 7-9 bulan dengan tinggi badan 67,5-70,5 harus memiliki berat badan 8,0-8,9 kg.
  • Bayi berusia 10-12 bulan dengan tinggi badan 72-74,5 cm harus memiliki berat badan 9,3-9,9 kg.


Ikuti Langkah-langkah Menambah Berat Badan Bayi di Bawah Ini Memberikan makanan penambah berat tubuh bayi adalah kunci utama dalam cara menambah berat badan bayi. Usaha yang mampu orangtua lakukan cukup tidak sedikit, mulai dari memperbaiki pola makan ibu hingga menu makanan bayi. Tetaplah setia memberikan ASI pada bayi di bawah usia enam bulan. Kemudian, berikan juga aneka macam jenis makanan baru pada anak di atas usia enam bulan setiap tiga hari. Perlu diingat pula untuk tak memberikan makanan padat pada bayi di bawah usia enam bulan, komplikasi yang cukup berbahaya bisa ditimbulkan oleh karena. Berikut merupakan sejumlah langkah-langkah menambah berat badan bayi yang dapat Anda terapkan dan berikan pada buah hati Kamu.

1. ASI
Makanan utama setiap bayi di bawah usia 6 bulan dikenal sebagai air susu ibu atau ASI. Hendaknya, ASI diberikan secara ekslusif, yaitu tak memberikan makanan tambahan lain selain ASI pada bayi Anda. Jadi, susu formula pada bayi berusia di bawah 6 bulan tak ditambahkan usahakan. Sebab ASI dikenal sebagai satu-satunya sumber makanan bayi Anda, langkah-langkah menambah berat tubuh bayi pada usia ini adalah memperbaiki pola makan ibu. Ibu menyusui hendaknya mengonsumsi makanan yang bergizi, nutrisi yang terbaik bagi sang buah hati bisa diberikan bugar dan seimbang agar. Selalu juga berikan ASI pada bayi Anda saat dia lapar dan menangis. Biasanya, bayi yang bugar bakal mengalami peningkatan berat tubuh selama enam bulan pertama kehidupannya meski hanya mendapat ASI khusus. 

2. Susu Formula
Menginjak usia 6 bulan, Ibu hendaknya mulai memberikan makanan tambahan pada bayi. Makanan tambahan pilihan bagi bayi usia 6 bulan adalah susu tambahan atau susu formula. Trik lain yang bisa Kamu lakukan sebagai langkah-langkah menambah berat tubuh bayi dikenal sebagai memberikan tambahan susu bubuk pada susu formula anak Kamu. Perlu diingat bahwa kebanyakan susu terbuat dari bahan dasar susu sapi, maka Ibu sebaiknyamelihat reaksi anak sesudah memberikan susu formula. Apakah timbul diare, mencret atau alergi seperti gatal pada kulit. Bila anak alergi dan diare, bawalah ke dokter anak dan ganti susu formula dengan susu non sapi sepertu susu kedelai. 

3.Minyak Zaitun & Mentega
Cara menambah berat tubuh bayi yang mudah lainnya merupakan memanfaatkan mentega atau minyak zaitun. Cara ini terutama dapat diterapkan pada bayi berusia enam bulan ke atas yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI non-susu. Bila Anda memberikannya bubur saring yang terdiri dari daging, sayuran atau kentang, tambahkan 1-2 sendok teh minyak zaitun atau mentega encer ke dalamnya. Minyak zaitun dan mentega cair bisa memenuhi kebutuhan lemak tubuh bayi Anda. Dan tentunya dapat menambah berat tubuh pada bayi Kamu. 

4.Keju
Cara menambah berat badan bayi yang gampang lainnya adalah memanfaatkan mentega atau minyak zaitun. Langkah-langkah ini terutama mampu diterapkan pada bayi berusia 6 bulan ke atas yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI non-susu. Bila Kamu memberikannya bubur saring yang terdiri dari daging, sayuran atau kentang, tambahkan 1-2 sendok teh minyak zaitun atau mentega encer ke dalamnya. Minyak zaitun dan mentega cair dapat memenuhi kebutuhan lemak tubuh bayi Anda. Dan tentunya mampu menambah berat tubuh pada bayi Anda.

5. Pisang dan Ubi Manis
Dua  makanan mesti yang bisa diberikan Ibu sebagai makanan penambah berat badan bayi adalah buah pisang dan umbi ubi manis. Kedua makanan ini dikenal sebagai makanan yang padat akan kalori dan pastinya mampu menjadi langkah-langkah menambah berat tubuh bayi yang sungguh ampuh. Selain kalori, pisang mengandung sungguh tidak sedikit nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B6, serat dan kalium yang akan memenuhi kebutuhan gizi anak Anda. Ubi manis pun mengandung lemak, serat, magnesium, Vitamin A, Vitamin C dan B6 yang bakal memenuhi kebutuhan gizi harian anak Anda. Berikan bubur pisang pada bayi usia 6-7 bulan, dan perkenalkan buah pisang utuh pada bayi usia delapan bulan ke atas.  

6. Alpukat
Lemak dikenal sebagai salah satu jenis nutrisi utama yang baik untuk menambah berat tubuh bayi. Namun, kita perlu memperhatikan lemak jenis apa yang baik bagi tubuh anak. Secara garis besar, lemak dibagi menjadi dua macam yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Berusahalah memberikan jenis lemak tidak jenuh lebih tidak sedikit ketimbang lemak jenuh. Nah, buah alpukat merupakan salah satu sumber makanan yang kaya bakal lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, begitu juga tubuh bayi. Selain dapat menjadi langkah-langkah menambah berat badan bayi, cita rasa berbeda yang enak pada rasa makanan bayi Anda bisa diberikan memasukkan alpukat ke dalam menu makanan bayi Kamu pun.

7. Selai kacang
Apakah ada makanan yang enak, disukai anak dan bisa menambah berat badan? Tentu saja ada. Jawabannya dikenal sebagai selai kacang. Karena kandungan lemak yang cukup banyak, makanan ini mampu menjadi cara menambah berat tubuh bayi Selain lemak, selai kacang pun mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan tubuh bayi. Berikan selai kacang pada bayi berusia 10 bulan ke atas. Selai kacang pun bisa diberikan dalam berbagai bentuk makanan, misalnya saja dioleskan pada roti tawar, lalu dikukus dan diberikan pada bayi Kamu.

8. Daging
Selain memberikan lemak dan karbohidrat, jenis nutrisi lain yang wajib Kamu berikan pada anak Anda dikenal sebagai protein. Sumber protein utama yang bisa Kamu berikan ialah daging tanpa lemak. Selain protein, daging akan memberikan nutrisi tambahan lain yang bermanfaat pagi pertumbuhan dan perkembangan anak seperti Vitamin B12, B6 dan kolesterol. Libatkanlah daging ayam atau daging sapi pada bubur saring anak Anda. Bayi di atas usia 8 bulan pun mulai mampu diberikan daging lembut dan lembek untuk dimakan. 
Previous
Next Post »