Apa itu Clickbait dan apakah baik untuk internet marketing



Apa itu Clickbait dan apakah baik untuk internet marketing. Click Bait, Link bait Alternatively disebut sebagai umpan link, klikbait atau klik umpan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis hyperlink pada halaman web yang membujuk pengunjung untuk mengklik untuk terus membaca artikel. Biasanya kalau mengklik link umpan akan meneruskan pengguna ke halaman yang memerlukan pembayaran, registrasi, atau satu dari serangkaian halaman untuk membantu mendorong tampilan halaman situs.

Clickbait adalah istilah yang merendahkan untuk konten web yang tujuan utamanya adalah membuat pengguna mengeklik tautan untuk membuka laman web tertentu. Headline Clickbait biasanya bertujuan untuk mengeksploitasi "rasa ingin tahu", memberikan informasi yang cukup untuk membuat pembaca penasaran, tapi tidak cukup untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka tanpa mengklik konten terkait.

Dari perspektif sejarah, teknik yang digunakan oleh para penulis clickbait dapat dianggap sebagai turunan dari jurnalisme kuning, yang menyajikan sedikit atau tidak ada berita yang sah dan diteliti dengan baik dan malah menggunakan berita utama yang menarik perhatian yang mencakup pembesar-kejayaan peristiwa berita, skandal-mongering, atau sensasionalisme. Untuk situs yang berkembang pada ribuan klik-tayang ke konten, banyak penulis melihat penggunaan clickbait sebagai sarana untuk memanfaatkan jiwa manusia dengan menyusun berita utama yang menarik ini.

Pada tahun 2014, di mana-mana clickbait di web mulai menyebabkan reaksi balik terhadap penggunaannya. Koran Satir The Onion meluncurkan situs baru, ClickHole, yang memparodikan situs clickbait seperti Upworthy dan BuzzFeed, dan pada bulan Agustus 2014, Facebook mengumumkan bahwa mereka mengambil tindakan teknis untuk mengurangi dampak clickbait pada jaringan sosialnya, menggunakan, di antara isyarat lainnya, waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengunjungi halaman terkait sebagai cara membedakan clickbait dari jenis konten lainnya. Pengganti iklan dan jatuhnya iklan secara umum juga mempengaruhi model clickbait, karena situs web bergerak menuju iklan sponsor dan iklan asli di mana konten artikel lebih penting daripada tingkat klik.

Clickbait juga telah digunakan untuk tujuan politik, dan dalam hal ini telah dipersalahkan atas munculnya politik pasca-kebenaran. Katherine Viner, pemimpin redaksi di The Guardian menulis bahwa "memburu klik murah dengan mengorbankan akurasi dan kejujuran" merongrong nilai jurnalisme dan kebenaran. [14] Subjek emosional dengan headline yang mencolok banyak dibagikan dan diklik, yang menyebabkan Slate digambarkan sebagai "agregasi kemarahan" dan berkembangnya situs web di seluruh spektrum politik - termasuk blog Breitbart News, Huffington Post, Salon, Townhall dan Gawker Media - yang diuntungkan dengan menghasilkan potongan bentuk pendek yang mudah dibagikan yang menawarkan penilaian moral sederhana mengenai isu-isu politik dan budaya. 

Contoh ClickBait:

Sebagian besar tautan jenis umpan klik memiliki berita utama yang menarik atau provokatif yang sulit bagi sebagian besar pengguna untuk ditolak dan sering kali sedikit atau tidak ada hubungannya dengan halaman web sebenarnya. Berikut adalah contoh judul umpan non-klik dan bagaimana judul itu bisa dijadikan judul umpan klik.

Umpan umpan non-klik:

     Tombol pintas keyboard komputer


Terkait judul Clickbait:

    Pintasan keyboard favorit Miley Cyrus

    Mengapa menggunakan tombol pintas bisa menghemat ratusan dollar sehari

    Pintasan keyboard yang tidak akan membuat Anda terlihat seperti orang idiot

    Tidak menggunakan tombol pintas yang membuat berat badan bertambah?


Apakah clickbait bekerja?

Jika clickbait/umpan klik heading atau hyperlink dirancang dengan benar atau mudah diingat, bisa jadi berhasil membuat orang mengunjungi link tersebut. Jika satu-satunya niat Anda adalah mengarahkan lalu lintas ke halaman, sebuah tautan umpan klik bisa membantu. Namun, jika pengunjung merasa tertipu atau informasi di halaman tidak sesuai dengan judul mereka akan segera pergi, dan Anda akan kehilangan kepercayaan pengunjung. Ada lebih banyak lagi untuk mendesain halaman yang bagus daripada heading umpan klik dan hyperlink.



Mari selesaikan ini, sekali dan untuk selamanya: Clickbaiting adalah tindakan yang disengaja untuk terlalu menjanjikan atau salah mengartikan - dalam tajuk utama, media sosial, gambar, atau kombinasi - apa yang akan Anda temukan saat membaca sebuah cerita di web.

Saat ini, clickbait sering ditandai dengan kata-kata seperti, "Anda tidak akan percaya" atau "Apa yang terjadi selanjutnya akan mengejutkan Anda," atau pernyataan lain yang tidak dapat diverifikasi dalam usaha putus asa untuk memicu keingintahuan Anda menjadi satu klik.

Penerbit yang mempraktikkan strategi sosial clickbait yang paling andal seringkali adalah pabrik virus seperti Distractify and ViralNova. (ClickHole adalah contoh yang menyenangkan karena memparodikan clickbait begitu efektif sehingga headline-nya tetap berfungsi sebagai clickbait.)

Yang terburuk, strategi ini menunjukkan bahwa penerbit bingung dengan cara menjual khalayak pada sebuah cerita (mungkin karena konten sub par untuk memulai). Terkadang Anda akan menemukan berita utama ini di media sosial atau widget yang menghasilkan lalu lintas seperti Taboola, klik pada mereka dan temukan kisah orisinil yang hanya mengulang (atau bahkan mendistorsi) fakta dari situs lain yang melaporkan ceritanya terlebih dahulu. Jika Anda benar-benar beruntung, Anda akan bisa mengklik beberapa halaman sebelum Anda menyadari betapa lumpuhnya cerita sebenarnya.

Mengapa penerbit melakukan Clickbait?

Dua kata: tampilan halaman Sebagian besar situs menggunakan nomor lalu lintas seperti tampilan halaman atau pengunjung unik untuk menagih pengiklan dan mengukur keberhasilan umum mereka. Menjadi situs berita tidaklah mudah, business-wise.

Sebagian besar penerbit bersalah karena menggunakan clickbait untuk mempromosikan cerita karena ketika sampai pada hal itu, Anda tetap mengklik. Pembaca akan mengambil umpan dan penerbit dihargai dengan tampilan halaman.

Siapa pun yang mencoba mendistribusikan informasi secara online adalah belas kasihan perusahaan besar seperti Facebook dan Google yang membantu orang menemukan konten mereka. Penerbit terus-menerus ditantang dengan mengubah algoritme dan tugas menyusun ulang dan mengoptimalkan cerita untuk distribusi sosial - itulah sebabnya formula untuk klikbait mungkin berubah, namun adanya headline sensasionalistik dan perhatian tidak akan pernah hilang.


Bagi penayang, ada keseimbangan yang sangat rumit dalam hal memiliki konten hebat dan pembingkaian yang hebat, dan tetap berada di merek bahkan lebih penting lagi. Memiliki situs yang dapat ditemukan di media sosial, dimuat dengan cepat, termasuk menarik foto dan video, mudah dinavigasi, membuat Anda belajar sesuatu yang baru, tidak memberi spam kepada Anda dengan pop up dan tidak merusak telepon Anda - menarik semuanya sulit.

Jadi ada serangkaian trade off di tempat kerja yang dihadapi siapa saja yang mencoba menghasilkan uang dari konten di dunia penerbitan online yang sangat buruk.

Siapa yang menentukan suatu link apakah termasuk clickbait atau bukan?

Meskipun ada beberapa berita utama yang mengerikan yang memenuhi syarat sebagai yang terburuk dari yang terburuk, ada juga area abu-abu yang sangat besar, yang merupakan salah satu alasan mengapa kata-kata itu dilemparkan begitu sering, terkadang menimbulkan perdebatan sengit tentang apakah sebuah cerita adalah clickbait atau tidak.

Di dunia teknologi, Nellie Bowles menyarankan agar para eksekutif dan investor meremehkan cerita apa pun yang melukisnya dalam cahaya yang tidak menyenangkan sebagai "klikbait" - sesuatu yang banyak dialami oleh banyak penulis TechCrunch. Memang, salah satu penulis posting ini dulu bekerja dengan editor yang menyarankan agar "clickbait" hanyalah kata lain untuk "menulis cerita yang ingin dibaca orang."

Atau pertimbangkan pernyataan BuzzFeed Editor-in-Chief Ben Smith bahwa situsnya "tidak melakukan klikbait," sebuah pernyataan yang mungkin telah menetapkan rekor industri media karena jumlah alis terangkat. Namun, menurut Smith, betapa pun menggelikan atau menarik perhatian judul berita BuzzFeed, ceritanya memberi Anda apa yang dijanjikan.

Bagi Smith, perbedaan utama terletak pada penipuan. Dengan clickbait sejati, tajuk utama mungkin menjanjikan Paris Hilton topless, atau tipuan aneh yang akan membantu Anda menurunkan berat badan - dan kemudian gagal sepenuhnya mengantarkannya. Di sisi lain, Anda mungkin tidak menyukai diri Anda sendiri karena mengklik tajuk utama tentang Kim Kardashian atau poket lucu - tapi jika Anda mengeklik, Anda mungkin tidak benar-benar mengklaim kecewa saat menyajikan cerita dangkal, bergosip, atau galeri foto anjing yang tak tertahankan.

Oh, dan ya, beberapa pembaca mungkin juga berpikir bahwa sebuah cerita berjudul, "WTF adalah clickbait?" Adalah clickbait itu sendiri. Faktanya adalah, TechCrunch memperjuangkan perhatian Anda bersama dengan orang lain. Tapi mudah-mudahan setelah mengklik, Anda mendapatkan apa yang Anda harapkan - atau sesuatu yang lebih baik lagi!

Mengapa clickbait itu buruk?

Ini buruk bagi kedua belah pihak. Ini jelas menyebalkan agar umpan sosial Anda dimuati oleh berita utama yang menjanjikan yang membawa Anda ke setengah cerita di bawah pengiriman yang membuat ponsel Anda macet.

Tapi clickbait juga merupakan salah satu cara termudah bagi penerbit untuk kehilangan kepercayaan pendengarnya dari waktu ke waktu. Anda mungkin mengklik pada awalnya, tapi jika Anda adalah pembaca cerdas, Anda akan menjadi lebih ragu dan curiga - dan mungkin Anda akan berbagi cerita yang mengecewakan Anda.

Bagi penayang: Anda tidak dapat hanya menggunakan tajuk utama sebagai alat untuk mencapai tujuan, dan terlalu sering menggunakan strategi sosial clickbait menyiratkan bahwa Anda tidak memahami audiens Anda. Satu ukuran cocok untuk semua adalah bodoh. Perlakukan audiens Anda seperti itu cerdas, dan ingat kompleksitas lanskap media modern dan betapa sulitnya membangun kepercayaan penonton.

Dan jika Anda seorang pembaca, ingatlah bahwa situs favorit Anda seharusnya memperlakukan Anda seperti Anda dalam hubungan jangka panjang. Mereka harus berinvestasi di dalam diri Anda, dengan berita utama yang akurat dan menarik yang mengarah pada jurnalisme yang berkualitas, penggunaan media yang baik dan UX yang ramah, daripada mencoba menipu Anda agar memberi satu klik tanpa henti (setara dengan satu malam di internet) . Seperti halnya hubungan apapun, Anda seharusnya tidak mengatasinya.
Latest
Previous
Next Post »