Monday, 16 October 2017

Filled Under:

Python adalah bahasa pemrograman paling populer dan mudah dipelajari




ADNIAN.COM - Python adalah bahasa pemrograman paling populer dan mudah dipelajari - Tahukah anda ada puluhan bahasa pemograman atau bahasa pengkodean yang digunakan secara luas pada dunia pemograman pada saat ini, bahasa python digunakan untuk berbagai hal dan sudah banyak aplikasi yang telah mendukung API (Application Programming Languange) untuk Python. Karena perkembangannya Python menjadi menarik untuk semua orang termasuk tentu saja untuk para calon insinyur, atau bagi siapa pun yang ingin mencoba bidang enjiner atau teknik.

Jika sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai mengenal Python. Mungkin ulasan Dojo Coding yang bisa memberikan gambaran bagaimana Python menjadi yang pertama yang diminati pada saat ini.  Dojo Coding sebuah sekolah coding dengan enam lokasi, merilis daftar lima bahasa pemrograman yang paling banyak diminati pada saat ini (Mei 2017). Untuk membuat rangking, ia menganalisis lowongan pekerjaan di Dice.com dan Indeed.com, melihat data pencarian Google dan berbicara dengan instrukturnya sendiri.

Berikut adalah lima bahasa pemograman atau bahasa pengkode yang paling banyak diminati di Amerika menurut Coding Dojo:

1. Python

2. Jawa

3. JavaScript

4. C #

5. PHP



Python peringkat teratas adalah "bahasa pemrograman open-source tujuan umum, yang digunakan oleh Reddit, Instagram, dan Venmo," menurut siaran pers Coding Dojo. Python ini pertama kali muncul pada tahun 1991 dan telah menjadi sangat populer di kalangan ilmuwan data. Berikutnya dalam rangking tersebut adalah pemograman Java, yang juga dianggap sebagai bahasa pemograman serbaguna. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems (sebuah perusahaan Silicon Valley yang kemudian diakuisisi oleh Oracle) dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1995.

Selain peringkat nasional, Coding Dojo menerbitkan rangking kota-kota di Amerika. Dan itu menunjukkan perusahaan mana yang memiliki lowongan kerja paling banyak yang membutuhkan keterampilan tersebut. SpaceX, Google, Capital One dan Home Depot baru saja merekrut banyak peran yang membutuhkan pengetahuan tentang pemograman Python. Lockheed Martin di Philadelphia tengah mencari banyak orang yang mengenal Java.

JavaScript berada di peringkat ketiga. Digunakan terutama untuk menambahkan menampilkan dan fungsi situs web, bahasa tersebut digunakan oleh 90% halaman web, kata Coding Dojo. Di New York, Bloomberg mencari lebih banyak coder JavaScript daripada atasan lainnya. C # (diucapkan C-sharp), bahasa yang dikembangkan dan digunakan oleh Microsoft, dan PHP membulatkan lima besar. San Jose adalah satu-satunya kota di mana C # tidak masuk dalam lima bahasa yang paling banyak diminati, berpotensi karena saingan Microsoft Apple memiliki kehadiran yang begitu kuat di sana.


Sekilas tentang Python


Banyak yang bertanya apakah bahasa python termasuk kategori compiler atau interpreter. Jawabannya adalah Python termasuk bahasa pemrograman interpreter. Programming Language lain yang termasuk interpreter adalah PHP, yang umum di gunakan oleh pemograman website.

Kebalikan dari pemograman interpreter adalah compiler, contoh PL atau programming Language compiler adalah C, C++, VB, VB.net, Delphi dll.

Secara singkat dapat di katakan sebagai berikut:

- Bahasa pemograman interpreter: diperiksa oleh komputer per baris, dimulai dari paling atas.
Bahasa pemogramancompiler: coding diperiksa oleh komputer keseluruhan barulah program dijalankan.

- Bahasa pemograman interpreter: tidak menghasilkan file binary.
Bahasa pemograman compiler: menghasilkan file binary, nah, file inilah yang dieksekusi/dijalankan oleh komputer.

- Bahasa pemograman interpreter: dari coding bisa langsung dijalankan dengan interpreter, dan program bisa dijalankan.
Bahasa pemograman compiler: dri coding harus dikompilasi terlebih dahulu, trus akan menghasilkan file binary (executable), nah file inilah yang akan dijalankan.

ok, itu tadi sekilas tentang Python adalah bahasa pemrograman paling populer dan mudah dipelajari dan juga apakah python termasuk pemrograman compiler atau interpreter.  Ada banyak info dan ebook python bahasa indonesia di internet ada bisa mendownloadnya untuk belajar bahasa pemograman python.



Sumber: Forbes