Manfaat yang bisa dipetik dari perlombaan kecerdasan bagi anak danremaja



Perlombaan kecerdasan bagi anak. Perlombaan atau kompetisi yang diterapkan pada anak-anak mempunyai beberapa sisi positif bagi perkembangan mental dan karakter mereka seperti bisa mengembangkan semangat kebersamaan, membangun jiwa sportif, membangun keaktifan dan yang terpenting adalah menumbuhkan bakat-bakat anak yang masih terpendam.
Salah satu jenis perlombaan yang baik dilakukan oleh anak-anak dan remaja adalah lomba kecerdasan.

Dalam lomba kecerdasan ini anak dituntut untuk memahami dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan cepat dan tepat, dalam hal ini anak dan remaja yang mengikuti perlombaan harus benar-benar berlatih untuk bisa menguasai materi lomba serta mempersiapkan mental yang kuat dan berani.

Ketika mengikuti lomba kecerdasan setiap peserta akan dihadapkan pada beberapa masalah yang harus dijawab, adakalanya mereka mampu menjawab dan ada kalanya mengalami kebuntuan. Hal ini merupakan pendidikan bagi anak dan remaja bahwa dalam kehidupan ada banyak pertanyaan yang harus dijawab dan mereka harus terus belajar untuk bisa menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah yang dihadapi.

Beberapa manfaat yang bisa dipetik dari perlombaan kecerdasan bagi anak dan remaja diantaranya sebagai berikut:

1. Melatih anak untuk belajar memfokuskan diri pada pertanyaan
Beberapa masalah yang sering timbul dalam pendidikan anak dan remaja adalah masalah kurang focus pada pelajaran yang diberikan, apalagi saat ini anak-anak sudah terbiasa dimanja dengan berbagai peralatan teknologi yang berisi game dan bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Hal ini berdampak pada menurunnya daya tangkap dan fokus anak karena mereka berpandangan dengan adanya peralatan canggih ditangan mereka untuk mendapatkan inormasi tidak usah berfikir keras cukup dengan mengetik apa yang ingin mereka ketahui maka berbagai informasi akan serta merta muncul.

Manfaat lomba kecerdasan akan melatih fokus anak ketika harus mencerna dan memikirkan pertanyaan yang dilontarkan. Hal ini akan menjadi sarana agar anak bisa memperhatikan pertanyaan dengan seksama dan memproses jawabannya dalam pemikiran mereka secara cepat dan efektif.

2. Lebih cepat memahami informasi
Informasi yang disampaikan lebih cepat difahami anak ketika disampaikan dalam bentuk pertanyaan. Bentuk seperti ini telah diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya di dalam al-Quran seperti yang tercantum dalam ayat 2 dan 3 Surat 101 Al-Qori’ah :

2. “Apakah hari kiamat itu?”.
3. “Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?”.
(QS al-Qori’ah ayat 2-3)
Barulah pada ayat 4 dan 5 dan ayat selanjutnya menjelaskan jawaban untuk pertanyaan tersebut
4. “Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran”,
5. “dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan”.
(QS al-Qori’ah ayat 4-5)
Inilah salah satu metoda yang digunakan untuk menimbulkan rasa ingin tahu sehingga manusia memperhatikan isi pertanyaan yang dimaksud.

3. Merangsang pemikiran anak dan remaja untuk berfikir secara cepat dan efektif
Dalam menjawab berbagai pertanyaan dalam lomba kecerdasan, anak-anak perlu berpikir cepat dan efektif, sehingga mereka terbiasa dengan berpikir cepat dan efektif.

4. Semangat siap menghadapi tantangan
Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat lomba kecerdasan berguna sebagai bentuk pendidikan langsung yang bisa menjadikan informasi atau materi yang ditanyakan akan melekat di dalam pemikiran anak dalam jangka waktu yang lama. Hal ini terjadi karena anak-anak sudah berada dalam kesiapan mental menghadapi lomba sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi tantangan yang muncul.

Metoda lomba kecerdasan benar-benar sesuai untuk merealisasikan tujuan pendidikan, seperti tujuan kognitif bisa tercapai ketika pertanyaan dilontarkan anak-anak tergugah rasa ingin tahunya kemudian berpikir untuk mencari jawaban dan berjuang untuk lebih cepat dari kompetitornya, hal ini akan merangsang munculnya potensi yang masih terpendam dalam pribadi anak.
Previous
Next Post »