Ciri Ciri Karakter Anak Yang Kecerdasan Emosi nya Bagus



Ciri Ciri Karakter Anak Yang Kecerdasan Emosi nya Bagus. Orang tua pasti menginginkan anaknya sukses di masa depan. Salah satu kunci kesuksesan anak di masa depan yang sudah selayaknya dibina dan dipersiapkan semenjak masa kanak-kanak adalah kemampuan bergaul dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan yang baru maupun lingkungan yang berbeda-beda seperti lingkungan pergaulan di rumah bersama keluarga dan sanak saudara, lingkungan pertemanan di sekitar rumah, di masyarakat, maupun lingkungan pergaulan di sekolah.

Kenyataan telah banyak membuktikan bahwa orang yang mampu bergaul dengan baik dan supel cenderung sukses dalam berkarir. Kemampuan bergaul yang dibina dengan baik akan makin mengembangkan kecerdasan emosi atau Emotional Intellegence (IE) anak. Dengan perkembangan kecerdasan emosi anak yang positif akan menjadikannya memiliki kemampuan mengenal berbagai karakter orang dan bisa memberikan tanggapan-tanggapan dan presentasi yang lebih baik dalam berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi.

Anak dengan kecerdasan emosi atau Emotional Intellegence (IE) yang bagus dan terus dikembangkan akan lebih merasakan kepuasan dalam kehidupannya. Hal inilah yang akan memacu anak nantinya lebih merasa bahagia dan sukses.
Orang tua dapat mengontrol kecerdasan emosi anak (E.I) melalui ciri-ciri karakter yang ada pada anak. Karakter anak yang kecerdasan emosi nya bagus diantaranya sebagai berikut :

1. Anak sudah bisa mengontrol emosinya secara tepat
Anak yang percaya diri biasanya lebih bisa mengontrol emosinya ketika berhadapan dengan orang lain. Ia akan menunjukan perilaku yang positif baik ketika berhadapan dengan orang tuanya di rumah dan gurunya di sekolah ia sudah memahami dan menuruti perintah orang tua dan gurunya, ketika berhadapan dengan saudara-saudaranya ataupun teman-temannya ia sudah bisa memberikan penghargaan, saling berbagi, tidak mau menang sendiri dan tidak melakukan tindakan agresif yang merusak.

Anak yang sudah bisa mengontrol emosinya secara tepat cenderung lebih tenang dan riang gembira tidak terlihat murung, rendah diri ataupun sering menyendiri ketika berada dalam kelompoknya. Ia sudah bisa berinteraksi dan bergaul secara normal dan positif.

2. Anak mampu memotivasi dirinya
Karakter anak yang sudah memiliki kecerdasan emosi yang bagus mampu memotivasi dirinya bahkan dalam perkembangannya ia mampu memotivasi orang lain misalnya anak terdorong untuk mencapai prestasi di sekolah dan di lingkungan pertemanannya. Ia ingin mencapai prestasi juara kelas misalnya, ia memiliki motivasi untuk selalu berdisiplin, selalu semangat berangkat ke sekolah dan semangat dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Dalam perkembangannya ia lebih terlihat memimpin teman-temannya, ia sudah bisa memberikan motivasi yang baik kepada teman-temannya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, pendeknya ia sudah terlihat memiliki skill kepemimpinan.

3. Anak sudah dapat bekerja dengan tim secara efektif
Karakter anak yang sudah memiliki kecerdasan emosi yang baik dapat terlihat dari caranya bergaul. Ia sudah bisa bersosialisasi dengan kelompoknya tanpa menimbulkan pertentangan, pertengkaran atau permusuhan dalam kelompok. Ia sudah bisa bekerja dengan tim secara efektif.

4. Anak terlihat lebih produktif
Anak yang sudah memiliki kecerdasan emosi yang baik juga dapat terlihat dari keinginan dan semangatnya untuk lebih produktif, misalnya anak senang membuat hasta karya atau ia selalu berfikir untuk berinovasi dengan mainannya. Ia terlihat mengembangkan daya kreativitasnya.

Anak yang memiliki kecerdasan emosi yang baik akan tampak lebih sehat dan energik karena mampu terbuka dan diterima dengan baik pada berbagai lingkungan pertemanan. Orang tua dapat terus memupuk dan mengembangkan karakter-karakter anak yang sudah menunjukkan tingkat kecerdasan emosi yang baik dengan berbagai kegiatan yang positif sebagai bekal bagi anak untuk mencapai kesuksesan di masa depan.
Previous
Next Post »