Cara efektif membangkitkan kreativitas anak ternyata didorong olehfaktor ini...



Cara efektif membangkitkan kreativitas anak ternyata didorong oleh faktor ini. Membangkitkan dan menumbuhkembangkan daya kreativitas anak pada dasarnya adalah memunculkan motivasi atau dorongan yang kuat yang timbul dari dalam diri anak untuk melakukan berbagai aktivitas positif agar timbul semangat yang tinggi untuk mengeksplorasi rasa keingintahuannya sehingga terciptalah daya kreativitas. Daya kreativitas tumbuh bersama eksplorasi diri yang dilakukan anak dengan perasaan bahagia, gembira dan mengasyikan, jiwanya bebas dari kecemasan dan tekanan-tekanan psikologis.

Tumbuhnya motivasi intrinsik (dorongan kuat dari dalam dirinya sendiri tanpa intervensi dari luar dirinya) berkaitan erat dengan penerimaan diri anak, dalam arti anak-anak yang dapat menerima dirinya apa adanya dan bisa mengembangkan potensi-potensi atau kelebihan-kelebihan yang ada padanya cenderung mempunyai motivasi dan semangat yang kuat untuk bereksplorasi dan berkreasi sehingga akan muncul daya kreativitasnya sehingga ia akan menemukan kehebatannya.

Cara efektif membangkitkan kreativitas anak ternyata didorong oleh faktor-faktor berikut ini:
1. Terimalah bagaimanapun keadaan anak dengan tulus apa adanya.
Anak-anak yang merasa dirinya diterima apa adanya oleh orang tuanya, bagaimanapun keadaan mereka, mereka diterima sebagai sebuah anugerah dan karunia, maka akan munculah hal positif dalam pribadi mereka, sebab mereka akan belajar menerima dirinya sendiri dan akan melihat bahwa dirinya berharga. Hal ini akan memacu anak mengembangkan potensi-potensinya sehingga munculah kreativitasnya. Inilah akhirnya yang akan menjadi dorongan bagi anak untuk melejitkan prestasi terbaiknya.

2. Jalin hubungan yang hangat dan harmonis dengan anak
Anak yang dekat dengan orang tuanya cendrung memiliki emosi yang baik dan positif, bebas dari perasaan tertekan sehingga ia lebih bebas dan berani bereksplorasi menemukan dan mencoba hal-hal baru sehingga muncul daya kreatifnya.

3. Beri kesempatan anak untuk bereksplorasi yang lebih menantang
Dengan membiarkan anak bereksplorasi yang bersifat menantang seperti menggambar bebas hingga bajunya kotor oleh cat air misalnya, atau memanjat, olah raga memanah dan lain sebagainya akan muncul daya kreasi dalam proses mencapai target.

Aktivitas yang menantang bisa menumbuhkan konsentrasi anak, rangsangan keberanian, serta melatih kecepatan dan ketepatan.

4. Biarkan anak bermain
Aktivitas bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak, saking senangnya bermain anak suka lupa waktu, ia terus berada pada area tempat bermainnya. Orang tua yang bijaksana akan menghindari perilaku memarahi anak-anak karena saking asiknya mereka jadi lupa waktu. Ini merupakan sebuah jalan bagi orang tua untuk mengarahkan anak dengan berbagai jenis mainannya ke arah eksplorasi yang positif. Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah membantu mengembangkan dirinya, mengembangkan bakatnya dan menumbuhkan daya kreativitasnya. Misalnya bermain tanah, pasir dan bentuk permainan lainnya akan menjadi stimulus atau rangsangan bagi anak untuk berfikir cepat dan memacu tumbuhnya daya kreasi.

5. Selalu berupaya menumbuhkan keyakinan
Anak-anak yang memiliki keyakinan yang kuat cenderung lebih bersemangat karena mereka ingin meraih yang terbaik menurut presepsi mereka, tugas orang tua hanya mengarahkan dan memberi bimbingan mana yang baik buat mereka dan mana hal-hal yang kurang baik.

Anak-anak yang memiliki keyakinan yang kuat cenderung mengikuti alur keyakinannya, mereka merasa percaya diri dan merasa dirinya berharga sehingga mampu memunculkan daya kreativitasnya. Orang tua bisa mengarahkan keyakinan anak ke arah yang positif misalnya dengan memberikan buku cerita, film-film anak yang bermutu yang bisa memberi bekas pada karakter anak, sehingga daya imajinasi dan daya kreatif anak selalu muncul kearah yang positif dan membangun.
Previous
Next Post »