Aktivitas-aktivitas yang bisa mengembangkan potensi kecerdasan anak



Aktivitas-aktivitas yang bisa mengembangkan potensi kecerdasan anak. Anak-anak sedang mengalami proses perkembangan berbagai potensinya dari waktu ke waktu. Orang tua sudah selayaknya membantu mengarahkan agar anak-anak bisa berkembang dengan baik. Salah satu potensi yang harus dikembangkan anak-anak adalah potensi kecerdasan. Bila orang tua mengharapkan potensi kecerdasan anak-anak berkembang dengan optimal maka sudah semestinya berupaya mengarahkan anak-anak untuk mengikuti berbagai aktivitas yang bisa mengembangkan kecerdasan mereka.

Aktivitas-aktivitas yang bisa mengembangkan potensi kecerdasan anak memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

1. Berfikir secara ilmiah
Kegiatan atau aktivitas yang mengembangkan pola pikir secara ilmiah diantaranya bersifat logis dan sesuai dengan tuntunan sunatullah, misalnya anak-anak bisa belajar tentang alam dari mulai terbentuknya alam semesta, belajar tentang planet-planet dan bintang bintang melalui penjelasan bergambar sederhana atau slide maupun berbetuk film-film pendek yang bisa menggambarkan keadaan alam semesta, anak-anak pun bisa belajar tentang tanaman, hewan, proses turunnya hujan, tentang lautan, gunung-gunung dan lain sebagainya.

Dalam bidang-bidang sosial anak-anak bisa diajari tentang kehidupan manusia dan proses-proses sosial yang terjadi pada masyarakat manusia, seperti proses perdagangan, industry, pabrikasi, pendidikan dan lain sebagainya. Cara sederhana untuk menjelaskan perdagangan dengan simulasi atau bermain dagang-dagangan, atau prakarya membuat barang-barang industri kerajinan dan lain sebagainya.

2. Sistematis
Aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan anak disusun secara sistematis dibawah bimbingan orang tua, dari mulai yang termudah sampai yang mempunyai bobot kesulitan agak tinggi, juga dari mulai yang sederhana sampai yang agak kompleks, namun diusahakan aktivitas tersebut tetap menarik perhatian anak-anak.

3. Memiliki daya kreasi dan inovasi
Dalam pengembangan kecerdasan anak memerlukan kreativitas dan daya inovasi anak. Anak-anak bisa diarahkan untuk membuat sesuatu bentuk tiruan dari benda-benda yang mereka sukai dan mereka pilih misalnya bentuk mobil dari bahan tanah liat atau sejenisnya, lalu mereka disuruh berimajinasi untuk membuat mobil impian mereka. Hal ini untuk meningkatkan kreativitas dengan mendorong tumbuhnya ide-ide baru didukung dengan rasa percaya diri yang kuat.

Beberapa kegiatan yang mendukung pada pengembangan potensi kecerdasan anak diantaranya sebagai berikut:

1. Membaca
Anak-anak mesti disuruh membiasakan diri membaca buku-buku yang mereka sukai dibawah bimbingan orang tua. Kebiasaan membaca bisa mengembangkan kecerdasan anak. Aktivitas membaca bisa didukung dengan buku-buku atau poster dan gambar-gambar lepas yang berisi cerita fiksi maupun yang bersifat ilmiah, seperti buku atau gambar-gambar tentang dunia hewan, dunia tumbuhan, ruang angkasa, atau cerita-cerita yang mendukung pembentukan karakter yang positif.

2. Melukis
Aktivitas melukis atau menggambar bisa memunculkan potensi kecerdasan anak, ketika menggambar otak anak akan bekerja untuk mengingat bentuk yang akan digambar, warna-warna, dan lainnya yang disertai munculnya daya imajinasi dan daya seni.

3. Permainan
Banyak permainan bagi anak-anak yang bisa mencerdaskan anak. Orang tua semestinya bisa mendampingi anak untuk memilihkan permainan yang baik dan tidak merusak karakter anak, misalnya permainan menyusun benda menjadi bentuk rumah, permainan cerdas cermat, dan lain sebagainya.

4. Drama
Permainan drama bisa menunjang kecerdasan anak dimana anak bisa belajar memainkan peran yang disukainya. Anak akan bebas berekspresi namun tetap sesuai dengan naskah yang ada. Disini anak akan mengembangkan kecerdasan bermain peran dalam rangka mengembangkan karakter.

5. Hobi yang bermanfaat
Anak-anak bisa dilatih untuk mengembangkan hobi mereka, ada anak yang hobi merawat tanaman, merawat hewan kesayangan, hobi membaca buku-buku cerita kesayangan mereka, hobi berjalan-jalan ke tempat-tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi dan hobi-hobi lain. Orang tua bisa mengarahkan dan memilihkan hobi yang bisa mengembangkan kecerdasan anak. (Agy)



Previous
Next Post »