Saturday, 1 July 2017

Filled Under:

Berbagai jenis mesin dan macam seri BMW di Indonesia yang harus diketahui pecinta mobil BMW [lengkap]

Berbagai jenis mesin dan macam seri BMW dipasar Indonesia dan harus diketahui pecinta mobil BMW [lengkap]. Untuk mengetahui mobil BMW. pasti anda mesti mengetahui seri BMW yang menginginkan anda punyai. Untuk ketahui yang seri bmw paling hemat, seri bmw yang paling bandel serta awet, seri bmw paling baik di kelasnya, seri bmw yang paling gampang perawatannya yang perlu anda kenali yaitu mengetahui spesifikasi seri dari BMW tersebut. Di bawah ini beragam seri BMW yang berada di market serta sudah pasti ada pula bmw yang dipasarkan di indonesia serta ada bmw yang spesial dipasarkan di negara spesifik.








JENIS DAN MACAM BMW SERI i

BMW i yaitu sub-merek BMW yang dibangun pada tahun 2011 untuk membuat serta menghasilkan kendaraan listrik plug-in. Gagasan awal sub-merek menyerukan pembebasan dua kendaraan ; produksi seri mobil all-electric BMW i3 diawali pada bln. September 2013, serta peluncuran pasar berjalan pada bln. November 2013 dengan pengiriman ritel pertama di Jerman. Mobil sport plug-in BMW i8 di luncurkan di Jerman pada bln. Juni 2014. Paduan penjualan jenis merk BMW saya menjangkau tonggak 50. 000 unit pada bln. Januari 2016. 58 Dua tahun sesudah dikenalkan, BMW i3 tempati posisi ke-3 dengan penjualan all-electric car paling baik selama histori. Penjualan global BMW i3 menjangkau tonggak 50. 000 unit pada bln. Juli 2016.

Pada bln. Februari 2016, BMW menginformasikan pengenalan jenis " iPerformance ", yang juga akan diberi pada semuanya kendaraan hibrida plug-in BMW mulai Juli 2016. Maksudnya yaitu untuk memberi tanda yang tampak dari transfer tehnologi dari BMW i ke Merk inti BMW Penunjukan baru ini juga akan dipakai pertama pada varian hibrida plug-in dari BMW Seri 7 paling baru. Penjualan global semuanya jenis plug-in listrik BMW menjangkau tonggak 100. 000 unit pada awal November 2016, yang terbagi dalam lebih dari 60. 000 BMW i3, lebih dari 10. 000 BMW i8, serta sekitaran 30. 000 dari paduan penjualan semuanya jenis hibrida plug-in BMW iPerformance.



Pada November 2016, empat jenis elektrik BMW sudah dilaunching, BMW X5 xDrive40e iPerformance, BMW 225xe iPerformance Active Tourer, BMW 330e iPerformance, serta BMW 740e iPerformance. BMW 530e iPerformance dijadwalkan juga akan dilaunching di Eropa pada bln. Maret 2017 jadi sisi dari seri BMW 5 Series generasi ke-7 mendatang. Pada bln. November 2016, BMW menginformasikan kalau perusahaan itu juga akan kirim 60. 000 jenis i serta iPerformance elektrik saya pada tahun 2016, serta tujuan penjualan 100. 000 unit untuk tahun 2017. BMW mengambil keputusan maksud untuk memperluas pangsa jenis listriknya pada 15% serta 25 persen penjualan pada tahun 2025, saat baterai sudah melipatgandakan kemampuannya.

Pada 2014, BMW meningkatkan prototipe lampu jalan yang diperlengkapi soket listrik untuk isi daya mobil listrik, yang dimaksud Light and Charge. Dua dari sarana pengisian ini dipasang di markas besar BMW di Munich.

Pada tahun 2015, BMW bekerja bersama dengan SCHERM Group sudah mulai mengadakan truk listrik di berjalan-jalan Eropa, membuatnya perusahaan pertama yang sempat mengerjakannya. Truk tersebut di produksi oleh Terberg Group, satu diantara penyuplai kendaraan spesialis berdiri sendiri paling besar didunia.



JENIS DAN MACAM BMW SERI M

BMW M, " M " (untuk Motorsport) awal mulanya di buat untuk memfasilitasi program balap BMW, yang begitu berhasil di tahun 1960an serta 1970an. Seiring waktu berjalan, BMW M mulai lengkapi portofolio kendaraan BMW dengan jenis trim trim yang dimodifikasi dengan spesial, yang saat ini paling di kenal oleh orang-orang umum. Mobil-mobil M-badged ini dengan tradisionil memasukkan mesin modifikasi, transmisi, suspensi, trim interior, aerodinamika, serta modifikasi eksterior untuk membedakannya dari beberapa rekanan mereka. Semuanya jenis M ditest serta disetel di sarana pribadi BMW di circuit balap N├╝rburgring di Jerman. BMW M juga tetaplah jadi hanya satu perusahaan berbasiskan kemampuan yang dapat mengendarai sepeda motor ketika berbarengan, terutama BMW S1000RR.


Sekarang ini, BMW M sudah tawarkan versus modifikasi dari nyaris tiap-tiap papan nama BMW, terkecuali sedan elegan favorit Z1, 7 Series serta SUV crossover X1 serta X3 kompak. Tak ada versus BMW M dari Seri 7, karena BMW tidak inginkan sedan andalannya ditenagai oleh mesin revving tinggi, serta seperti versus perform paling baik paling baru (umumnya BMW 760Li) mempunyai mesin V12 yang kuat dipandang sangat berat untuk cabang sporty. Selama ini " BMW M7 " tidak resmi yaitu Alpina B7, yang di produksi di lini perakitan BMW walau mesin serta sentuhan pada akhirnya dikerjakan oleh tuner automatis Alpina. Tetapi, karena BMW M berubah ke mesin turbocharged, ada desas-desus kalau ada BMW M7 dalam pekerjaannya, serta diprediksikan kalau kemampuannya mungkin saja lebih dari yang dari BMW 760Li serta Alpina B7.

Kendaraan sport BMW X5 serta X6 memperoleh turunan M untuk jenis tahun 2010 dan sebagainya. Ini yaitu kendaraan M pertama dengan xDrive four-wheel drive serta transmisi automatis, dan jenis SUV M-badged pertama. Tetapi, E70 serta E71 X5 serta X6 M sesungguhnya diperkembang oleh BMW Group bukanlah oleh BMW M.

Walau ini dipandang jadi divisi tuning in-house yang paling populer, BMW M mempunyai filosofi yang jauh berlainan dari Mercedes-AMG. BMW M sudah mengutamakan cuma menyetel kendaraan dengan " kelincahan Lateral " (yang sudah lama jadi Seri 3, Seri 5, serta roadsters), sesaat AMG sudah membuat versus perform tinggi dari banyak nameplates-nya, termasuk juga sedan serta SUV andalan. Dengan hal tersebut, " mobil M mesti responsif serta dengan fundamental tertarik untuk berputar-putar serta percepatnya. Spesifikasi tehnis M5 yaitu mengenai menghubungkan pengemudi ke mobil yang bereaksi secara cepat, apapun keinginan sopirnya turun. " Hingga tahun jenis 2010, BMW M juga tidak sempat memakai supercharging atau turbocharging, tidak seperti Mercedes-AMG atau Audi ; umpamanya iterasi E39 serta E60 dari BMW M5 (memakai mesin naturally aspirated) berkompetisi dengan Mercedes-Benz E55 AMG (dengan V8 supercharged) serta Audi RS6 (twin-turbo).

Kendaraan BMW M umumnya memakai manual serta transmisi semi-otomatis (type paling baru yaitu transmisi kopling ganda), berlainan dengan Mercedes-AMG yang beberapa besar mempunyai transmisi automatis (transmisi dual-speed AMG SpeedShift MCT dual-speed pada jenis baru dari tahun 2009 dan sebagainya). Tetapi, BMW X5 M serta X6 M yaitu kendaraan M-pertama yang di tawarkan dengan transmisi automatis, unit Steptronic 6 kecepatan, karena ini bekerja dengan xDrive.

Mesin BMW M dengan tradisionil mempunyai perpindahan besar yang disedot dengan alami dengan mesin revving tinggi, terlebih S85 V10 di E60 M5 serta E63 M6 serta S65 V8 yang berkaitan di E90 M3. Ini yaitu mesin BMW yang paling kuat yang sempat ada (tidak termasuk juga BMW S70/2) tanpa ada supercharging atau turbocharging, dengan output 100 ponsel per liter perpindahan, serta semasing sudah memenangi International Engine of the Year Awards. Pada akhir tahun 2000an, BMW berasumsi dipaksa-induksi (supercharging atau turbocharging) jadi jalan pintas berteknologi rendah untuk tingkatkan tenaga kuda, yang menyebutkan kalau ini menaikkan berat serta kompleksitas sembari kurangi tanggapan throttle. 10 BMW puritan sudah mencatat kalau sesaat dipaksa induksi serta/atau perpindahan besar tidak hasilkan semakin banyak torsi untuk mengemudi keseharian yang tambah baik, umumnya dari mereka suka pada " ciri-khas " serta nada mesin perpindahan rendah yang disedot dengan alami dengan redline tinggi.


Tetapi, trend ketentuan internasional akhir 2000-an untuk kurangi emisi CO2 serta mengkonsumsi bahan bakar disebut-sebut jadi argumen tidak untuk meneruskan pengembangan selanjutnya pada mesin redline tinggi yang disedot dengan alami. N54 twin-turbo inline-6 ​​yang mulai kiprahnya di BMW 335i 2007 (E90) memberi kemampuan yang nyaris sama dengan iterasi E46 serta E90 dari BMW M3, sesaat tambah lebih praktis serta irit bahan bakar jadi pengemudi harian. Diawali dengan X5 M serta X6 M, serta dipertunjukkan di F10 M5, BMW memakai s63 twin-turbocharged yang bukan sekedar hasilkan tenaga kuda serta torsi semakin banyak, tetapi juga lebih efektif dari pada S85 V10. Juga tidak seperti S85 serta S65 yg tidak sharing design dengan mesin BMW non-M, S63 mempunyai persamaan sisi yang penting dengan mesin N63 V8 basic (yang mempunyai turbocharger kembar) hingga harga nya lebih murah untuk dibuat. 15 16 Sekarang ini (2012), BMW belum juga memperhitungkan supercharging.

Pada jenis tahun 2013, BMW M3 (E92/E93) yaitu hanya satu mobil " tradisionil " M yang tersisa, karena deretan mesin M yang lain mempunyai mesin turbocharged, serta iterasi selanjutnya dari M3 (F80) serta M4 (F82/F83) diperlengkapi mesin twin turbo straight-6.

KODE PADA SERI BMW

Jadi jika beli BMW terkecuali cermati typenya juga cermati tahun membuatnya. Karenanya barusan seri sama namun tahun lain dapat lain banget specnya. Contoh : E30 M40 dg E36 M40, bodi lain, mesin sama namun panjang langkah piston serta ECU Managementnya juga telah berlainan.




BMW ada yang berkode E serta M, E=kode chasis ; M=kode engine. Yang di Indonesia biasanya ada E30, E36, E34, E46, E90 etc.
Engine yang umum berada di Indonesia yaitu M10, M20 (jarang…), M40 (paling banyak), M43, M50, M52, dibarengi seri N pada generasi 2002.
Diawali dari M40 kode engine umumnya dibarengi kode beda contoh : M40B18 (1800 cc), M50B20 (2000 cc) dst…
Mesin kode M40 dipakai pada BMW type E30 318i dari tahun 1988-1995, dari tahun 1992 bodinya ganti ke type E36 (bulldog).

Pada tahun 1996 bodinya tetep E36 namun mesinnya ganti ke type M43, bedanya di mesin ini tak akan dipakai timing belt, tp timing chain (rantai kamprat), mesin ini selalu digunakan bahkan juga saat bodi bertukar ke type E46 sampai tahun 2001, baru kemudian ganti pakai engine type N di mana masih tetap dimaksud 318i tp volume/cc nya telah ke 2000 cc.
Jadi jika ingin beli type E46 318i agar lain sekalian ya beli yang 2001, sebab jika beli 2002 bermakna hanya beli bodi saja belum juga beli tehnologi engine yang lebih baru. Pada mesin 6 cyl, dengan kode M50B20 serta M50B20TU (DOHC Vanos) dipakai pd BMW 320i dan 520i keluar cuma dalam waktu relatif cepat sekitaran 1993-1994 (sebagian ada yg tahun 1995), lalu ditukar engine type M52 yang dipakai juga pada BMW 323i, cuma lain di cc saja yakni 2500 cc. Bedanya jika di M50 masih tetap dapat memakai premium namun di M52 telah rawan jika memakai premium (boring dapat aus karena berbahan dari NIKASIL).

E itu jenis chassis, berasal dari Entwicklung (german) yang berarti perkembangan atau evolusi.. konon kedepannya bakal diganti dengan kode F
BMW E3 — (1968–1977) 2.5, 2.8, 3.0, 3.3 “New Six” sedans
BMW E9 — (1969–1975) 2800CS, 3.0CS, 3.0CSL “New Six” coup├ęs
BMW E12 — (1972–1981) 5 Series
BMW E21 — (1975–1983) 3 Series
BMW E23 — (1977–1986) 7 Series
BMW E24 — (1976–1989) 6 Series
BMW E26 — (1978–1981) M1
BMW E28 — (1981–1988 ) 5 Series
BMW E30 — (1982–1991) 3 Series
BMW E31 — (1990–1999) 8 Series
BMW E32 — (1986–1994) 7 Series
BMW E34 — (1988–1995) 5 Series
BMW E36 — (1991–1999) 3 Series/Z3 (as E36/7) (1999 model as M3 only)
BMW E36/5 — (1995–1998 ) 3 Series Compact (US market known as “318ti”)
BMW E38 — (1994–2001) 7 Series
BMW E39 — (1996–2003) 5 Series
BMW E46/5 — (2000–2004) 3 Series Compact
BMW E46/4 — (1998–2005) 3 Series Sedan
BMW E46/3 — (1999–2005) 3 Series Touring/Sports Wagon
BMW E46/2 — (1999–2006) 3 Series Coupe
BMW E46/C — (1999–2006) 3 Series Convertible
BMW E52 — (2000–2004) Z8
BMW E53 — (2000–present) X5
BMW E60 — (2004–present) 5 Series
BMW E61 — (2004–present) 5 Series Touring/Sports Wagon
BMW E63 — (2004–present) 6 Series coupe
BMW E64 — (2004–present) 6 Series convertible
BMW E65 — (2002–present) 7 Series short wheelbase
BMW E66 — (2002–present) 7 Series long wheelbase
BMW E70 — future X5
BMW E83 — (2004–present) X3
BMW E85 — (2003–present) Z4
BMW E86 – (2006-present) Z4 Coupe
BMW E87 — (2004–present) 1 Series
BMW E90 — (2005–present) 3 Series
BMW E91 — (2005–present) 3 Series Touring/Sports Wagon
BMW E92 — (2006–present) 3 Series Coupe
BMW E93 — (2007-present) 3 Series Convertible
BMW F10 — (2009) 5 Series
BMW F01 — (2009) 7 Series
BMW F02 — (2009) 7 Series long wheelbase


Engine Codes, M itu teknologi asli BMW, kalo S itu dari factory lain tapi lisensi BMW (semacam rumah mode atau label motorsport division)
BMW Engine Codes
M10 4 cylinder 1.6, 1.8, 2.0
M20 6 cylinder 2.0, 2.3, 2.5, 2.7
M21 6 cylinder 2.4 (turbo charged and naturally aspirated diesel)
M30 6 cylinder 2.5, 2.8, 3.0, 3.2, 3.4, 3.2 turbo, 3.5 turbo
M40 4 cylinder 1.6, 1.8 (8 valves)
M41 4 cylinder diesel
M42 4 cylinder 1.8 (16 valves)
M43 4 cylinder (316i, 318i, 518i) – uprated 1993
M44 4 cylinder 1.9 (multi-valve)
M47 4 cylinder 2.0 diesel (8 valves)
M50 6 cylinder 2.0, 2.5 (24 valves)
M51 6 cylinder 2.5 diesel (12 valves)
M52 6 cylinder 2.0, 2.5, 2.8 (petrol/steel lined)
M54 6 cylinder 2.2, 2.5, 3.0 (24 valves)
M57 3.0 diesel
M60 8 cylinder 3.0, 4.0 (32 valves)
M62 V8 3.5, 4.4
M70 12 cylinder 5.0 (24 valves)
M73 12 cylinder 5.4 (24 valves)
M88 6 cylinder 3.5 (24 valves) M1 engine
S14 4 cylinder 2.0, 2.3, 2.5 (16 valves)
S38 6 cylinder 3.6 (24 valves) M5 315bhp
S38 6 cylinder 3.8 (24 valves) 340bhp larger bucket tappets
S50/B30 6 cylinder 3.0 (24 valves) M3 286bhp
S50/B32 6 cylinder 3.2 (24 valves) M3 321bhp
S62 V8 (32 valves) M5
S70/1 V12 5.6 (24 valves) 850CSi

Beberapa Engine code BMW yg masuk Indonesia (ATPM) :
Serie 3
untuk body E30 – 318i = M10B18 (thn 86-88 )
M40B18 (thn 88-91 )
untuk body E36 – 318i = M40B18 (thn 91-94 )
= M43B18 (thn 96-98 )
- 320i = M50B20 (thn 93-95 )
- 323i = M52B25 (thn 96-98 )
untuk body E46 – 318i = M43TUB19 (thn 99-01 )
= N42B20 (thn 02-03 )
- 323i = M52TUB25 (2000 )
- 325i = M54B25 (01-05 )
- 330i = M54B30 (2003 )
untuk body E90 – 320i = N46B20 (2005-… )
- 325i = N54B25 (2005-… )
Serie 5
Untuk body E34 – 518i = M40B18 (1992)
- 520i = M50B20 (1991-1995) VANOS/NON VANOS
- 530i = M60B30 (1995-1996) V8
Untuk body E39 – 523i = M52B25 (1996-1997) Manual / Steptronic
- 528i = M52B28 (1996-2000) Steptronic only
- 520i = M54B22 (2001-2004)
- 525i = M54B25 (2001-2004)
- 530i = M54B30 (2001-2004)
Untuk body E60 – 520i = M54B22 (2004-…)
- 530i = M54B30 (2004-…)
- 523i = N52B25 (2007-…)
- 530i = N52B30 (2007-…)
Serie 7
Untuk body E38 – 730i/iL = M60B30 (1996-1997) V8
- 735i/iL = M60B35 (1997-1999) V8
- 728i = M52TUB28 (2000) I6
untuk body E65 – 730i = N52B30 (2002-…)
- 740i = N62TUB40 (2004-…)
- 760i = N73B60 (2002-…)
untuk body E66 = serie 7 yg pake iL/ macam 735iL/745iL/760iL
Serie 1
Untuk body E87 – N45 (116i)
- N46B20 (120i)



Demikian informasi. Berbagai jenis mesin dan macam seri BMW dipasar Indonesia dan harus diketahui pecinta mobil BMW [lengkap]Semoga bermanfaat :)


Baca juga

Kelebihan Dan Kekurangan BMW E90 320i & 325i Lengkap Ulasan Review Spesifikasi dan Harga