Mobil BMW model E28 520i 520is Seri 5 Kelebihan dan kekurangan interior dan mesinnya


Mobil BMW E28 Seri 5 Kelebihan dan kekurangan interior dan mesinnya. Salah satu model BMW yang paling terbaik sepanjang masa. Dalam bahasa BMW model ini disebut E28, salah satu pencetus generasi modern BMW. Mobil ini mempunyai tampang agresif sejalan dengan konsep BMW yang populis dan sporti pada masanya. Platform mobil ini juga sama dengan seri 6 pada masanya, tetapi jangan dikira seri 5 ini lebih impoten dari saudaranya yang diperuntukkan untuk Grand Tourer yang juga salah satu maskot BMW pada saat itu. Di model E28 ini muncul pertama kali seri M5 dari M Division, divisi Motorsport BMW yang mengubah karakter mobil dari agak sangar menjadi sangat biadab.

Di Indonesia, populasi E28 di dominasi oleh seri 520i dan setelah tahun 1987 520is, perbedaan antara keduanya ada di sistem injeksi, bemper, dan beberapa pernak pernik interior. E28 ini adalah mobil yang sangat enak untuk dibawa jalan-jalan, mobil ini merupakan solusi BMW untuk bertarung dengan Mercedes-Benz Tiger, Toyota Cressida, Honda Accord, dan sekelasnya. Ini adalah salah satu mobil yang membawa harum nama BMW, walaupun di Indonesia mobil ini lebih basic dari kompetitornya dalam hal teknologi, E28 tetap membawa bendera BMW dalam hal kelihaian berkendara, di kelasnya mobil ini adalah mobil yang paling enak untuk disetir sendiri.



BMW E28 Seri 5 memasuki produksi pada tahun 1981 dan berlanjut selama enam tahun sampai Desember 1987, dimana selama ini terdapat 720.000 mobil yang dibangun. Tingkat masuk 518 adalah satu-satunya mobil yang memiliki fitur mesin karburator, dan baru pada tahun 1984, sedangkan sisanya memakai unit injeksi bahan bakar Motronic dan Jetronic. E28 menggantikan E12 penuaan, yang telah beroperasi sejak 1972 dan mulai terlihat tanggal. Berbeda dengan pendahulunya yang lebih mendasar, E28 menampilkan semua mod kontra termasuk power window, power seats dan bahkan komputer trip. Serta kisaran mobil standar, versi panas pun ditambahkan dalam bentuk M5 dan M535i.


BODYWORK & CHASSIS

Masalah yang paling penting yang mempengaruhi E28 adalah karat. Setelah menghabiskan lebih dari 20 tahun terpapar cuaca Inggris, banyak mobil sekarang akan menderita efek ulat timah. Rendahnya nilai banyak mobil berarti tidak berbiaya efektif untuk terus memperbaiki bodywork, sehingga pemilik cenderung mengadopsi mentalitas 'run it til it pops'. Dengan pemikiran ini, dapatkan mobil terbersih yang Anda temukan.

Gunakan magnet untuk memeriksa pengisi di belakang lengkungan depan dan belakang dan kusennya. Jika Anda tidak memiliki magnet, gunakan mata Anda - kecuali jika dilakukan secara profesional Anda harus bisa melihat sentuhan tubuh. Sunroof rentan terhadap karat saat air terkumpul di ceruk, jadi beri area ini dengan cermat. Pintu juga akan berkarat diberi waktu, jadi buka dan periksa dengan seksama tepi bawahnya.

Di mana saja ada lubang drainase yang mungkin ada karat, dan tidak ada pengganti untuk mendekat dan meluangkan waktu Anda - Anda tidak ingin terkejut saat pulang. Buka boot dan angkat karpet belakang; Beri perhatian khusus pada guncangan belakang karena hal ini cenderung gagal. Selain itu, lepaskan ban cadangan dan periksa lantai di bawahnya. Periksa kaca jendela kaca depan untuk tanda-tanda retak atau penyusutan, serta segel lampu belakang; Jika bocor ini, air akan langsung menuangkan ke dalam boot.



MESIN

Mesin yang dipasang pada E28 sebagian besar dibawa dari E12, jadi sebaiknya dilihat lebih dari facelift daripada perancangan ulang yang lengkap. Mesin M20 dipasang pada 520i dan 525i, dengan M30 digunakan untuk 528i, 535i dan M535i. Kedua varian yang legendaris di dunia otomotif hampir tidak bisa dihancurkan, asalkan mereka dirawat dengan baik. Semua mesin akan memerlukan penyesuaian katup setiap 15.000 mil, tapi ini bisa dilakukan dengan sedikit masalah oleh mekanik rumah. Periksa oli oli untuk memastikan tidak terlalu rendah. Waspadai jika minyaknya terlalu kotor atau terlalu bersih, keduanya merupakan tanda bahwa perawatan yang buruk sedang disamarkan.

Jalankan mesin dari dingin dan biarkan hingga hangat, periksa apakah suhu turun dengan baik dan tidak ada asap biru yang dikeluarkan dari pipa knalpot. Injector bisa berisik saat startup; ini normal. Minyak 20w / 50 harus digunakan, tidak ada yang lebih tipis. Sabuk waktunya harus diganti setiap lima tahun atau 60.000 mil, jadi pastikan hal ini dilakukan. Jika pompa air tidak pernah diganti, anggaran untuk pekerjaan dan segera selesai.

Jika Anda melihat M5 maka aturan yang berbeda berlaku. M5 menggunakan mesin M88 / 3, yang merupakan binatang yang jauh lebih kompleks daripada M30 dengan toleransi yang jauh lebih rendah daripada mesin yang lebih kecil. Bayar untuk mendapatkan mobil dengan benar diperiksa oleh spesialis independen BMW. Ada masalah dengan mesin M88 / 3 yang akan diperbaiki astronomi, dan sebagian besar masalah akan segera diketahui oleh spesialis.



RUNNING GEAR

Seperti sisa mobil, gigi lari cukup kokoh, tapi akan padam sekarang. Penting agar Anda membawa mobil untuk test drive melalui berbagai kondisi berkendara sehingga masalah menjadi jelas. Sendi CV adalah titik lemah tapi cukup murah untuk diganti, pekerjaan DIY bagus jika Anda memiliki pengetahuan. Tumpukan subframe belakang mungkin perlu diganti juga, tapi ini adalah pekerjaan garasi. Gearbox memiliki reputasi untuk daya tahan, namun bagian untuk memperbaikinya semakin langka.

Mobil-mobil awal menggunakan gearbox otomatis ZF 3HP22, yang tahan bom. Transmisi manual sama kerasnya dengan mesin, jadi seharusnya bisa mencapai jarak tempuh astronomi yang sama.


INTERIOR

E28 listrik lebih bisa diandalkan daripada orang sezamannya, tapi sekarang akan mulai menderita. Jika power window tidak bekerja, tempat pertama yang terlihat adalah switch. Kotoran dan kotoran membangun dan mengganggu kontak, jadi ini sering bisa disortir dengan 20 menit. ECU bisa gagal jika penyolderan rusak, yaitu pekerjaan garasi. Di sisi lain, kursi listrik diketahui gagal dan merupakan pekerjaan DIY.

 Interior berkualitas tinggi dan sangat cantik, tapi mobil dengan jarak tempuh yang tinggi akan di jalan keluar. Jangan ditunda oleh kursi kotor; Sungguh menakjubkan betapa sedikit pembersih kulit yang bisa dilakukan. Seperti biasa, M5 adalah cerita yang berbeda. Interior kulit M5 jarang dan mahal. Kursi kursi juga memiliki kecenderungan untuk retak, sedangkan dengan jok tekstil pastikan tidak ada keausan yang signifikan pada guling. Pastikan dasbor tidak retak, karena penggantinya akan sulit ditemukan dan harganya mahal.


BMW E28 murah untuk dibeli serta harga nya nyaris murah untuk dijaga bila Anda mempunyai biaya. Bersihkan contoh spec yang rendah masih tetap gampang diketemukan, serta beberapa besar sudah diketemukan oleh yang memiliki lanjut usia. Mobil mint jarak tempuh rendah keluar dengan kedisiplinan yang mengagetkan, tetapi beberapa besar tersentak-sentak secara cepat oleh beberapa dealer yang menginginkan menagih jumlah yang konyol. Membayar untuk beli contoh paling baik yang Anda dapat, karna gampang menenggelamkan sedikit uang untuk melakukan perbaikan bodywork. Mereka jadi makin langka di halaman belakang. Anda tidak dapat salah dengan yang ada namun yakinkan Anda membayar kontrol yang pas bila Anda lihat M5.

Mobil ini yaitu satu diantara seri 5 paling baik yang sempat di buat, dengan harga seken murah serta interior lega mobil ini pas untuk anak muda yang baru pertama kalinya miliki mobil maupun yang menginginkan menaikkan/menukar mobil. Untuk harian mobil ini enak digunakan, namun suspensi ciri khas BMW yang memanglah berniat lebih keras dari Mercedes bukanlah untuk yang menyukai berleha-leha atau nikmati kenyamanan mobil hingga titik darah penghabisan. Mobil ini ditujukan buat mereka yang menginginkan mengemudi sendiri. Mengkonsumsi bensin mobil ini rata-rata pada 1 : 6-1 : 8.


Kelebihan Positif:

– Sistem mesin & suspensi simpel

– Tenaga lebih dari cukup

– Spare part terjangkau

– Bodi Rigid

– Interior Lega


Kekurangan Negatif:

– Pasar seken susah mencari kondisi yang bagus

– Bensin agak boros


VITAL STATISTICS

E28 520i 1981

Engine                                    1991cc/DOHC/Inline 6

Power (bhp@rpm)                  123bhp@5800rpm

Torque (lb ft@rpm)                 125ft lb@4000rpm

Top speed                                115mph

0-60mph                                  9.7sec

Consumption                            23mpg

Gearbox                                    5-speed manual


Demikin informasi mengenai Mobil BMW E28 Seri 5 Kelebihan dan kekurangan interior dan mesinnya. Semoga bermanfaat.
 
Previous
Next Post »